Tingkatkan Kompetensi Guru MTsN 7 Sleman Gelar Bimtek ATP dan Penyusunan Modul Ajar Terintegrasi MRA KSE

Kemenag Sleman News (MTsN 7 Sleman) – Dengan maksud untuk memperdalam pemahaman guru mengenai perangkat pembelajaran terintegrasi Madrasah Ramah Anak (MRA) Kemampuan Sosial Emosional (KSE) adakan Pendampingan penyusunan modul ajar pada Jum’at (27/09/24). Kegiatan dilaksanakan di Aula MTsN 7 Sleman pukul 10.00-14.00. Kegiatan penyusunan modul ajar diikuti oleh seluruh guru MTsN 7 Sleman.
Kepala MTsN 7 Sleman Samsul Arifin, S.Ag. menyampaikan harapan terkait kegiatan tersebut.”Kami ucapkan terimakasih kepada Ibu Dra.Hj. Ida Uswatun Hasanah, M.Pd. selaku pengawas pendamping MTsN 7 Sleman yang telah bersedia meluangkan waktu disela-sela kesibukannya dalam mendampingi kami menyusun modul ajar terintegrasi MRA KSE. Kami berharap dengan kegiatan ini wawasan bapak ibu guru semakin bertambah dan seluruh bapak ibu guru dapat mengimplementasikan penyusunan modul ajar terintegrasi dengan MRA KSE ini. Sehingga, dalam perencanaan dan pelaksaannya berjalan sesuai yang diharapkan,” harap Samsul Arifin.
Pengawas Kabupaten Sleman dan sekaligus pengawas pendamping MTsN 7 Sleman, Dra. Hj. Ida Uswatun Hasanah, M.Pd., selaku narasumber penyusunan modul ajar akan memberikan materi tentang penyusunan modul ajar terintegrasi MRA KSE. Di awal penyampaian materinya, beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada peserta bimtek yang bersedia hadir untuk mengikuti kegiatan ini. Beliau juga memotivasi para guru untuk selalu meningkatkan kualitas pembelajaran. “Pentingnya dalam perencanaan pembelajaran bagi seorang guru agar pembelajaran berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Modul ajar yang terintegrasi MRA KSE bisa kita mulai dari melihat pendahuluan pembelajaran 1. Guru memanggil pesdik dengan menyebutkan namanya2. Guru menyampaikan harapan positif terhadap kelas ( dengan menyampaikan Tujuan Pembelajaran),3. Guru melakukan aktivitas yang mencairkan suasana kelas ( pengkondisian kelas,Ice breaking, bikin yel-yel kelompok), “ Jelas Ida.
Ida juga menambahkan beberapa kegiatan yang bisa dilakukan guru didalam proses KBM dengan modul ajar terintegrasi MRA KSE seperti Guru mengajak peserta didik melakukan refleksi dinamika kelas untuk menerapkan kesepakatan Kelas (membuat kesepakatan kelas yg disetujui dan menempel di kelas), Guru menunjukkan kesediaan mendengarkan pandangan peserta didik tentang dinamika kelas, Guru mengajak peserta didik untuk mengingatkan kembali aturan kesepakatan kelas yang sudah disepakati bersama, Guru bersifat adaptif sehingga bersedia mengubah kesepakatan kelas bila diperlukan (mengevaluasi seberapamefektifnya kesepakatan kelas yang sudah berjalan), Guru memberi pujian terhadap perilaku peserta didik yang sesuai dengan kesepakatan kelas, Guru memberi penguatan positif dengan beragam cara dan Guru mengakui suatu perilaku positif secara spesifik dan menjelaskan alasannya. (RDT)