Sempurnakan Kurikulum, MTsN 3 Sleman Gelar Uji Publik

Kemenag Sleman News (MTs Negeri 3 Sleman) – Untuk menjaring aspirasi dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan pendidikan terkait implementasi Kurikulum Merdeka MTsN 3 Sleman melaksanakan Uji Publik Kurikulum pada Kamis,10/7/2025 di ruang multipurpose. Selain itu, pertemuan ini juga bertujuan untuk memastikan kurikulum yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan dan dunia nyata, serta mengakomodasi berbagai masukan dari lapangan dan dapat diterima oleh semua pemangku kepentingan, termasuk guru, siswa, orang tua, dan masyarakat luas. Kegiatan uji publik ini dihadiri oleh Kasi Dikmad Kankemenag Sleman, pengawas pembina madrasah, guru, pegawai, ketua komite, beberapa orang tua, dan siswa.
Dalam sambutannya Kepala Madrasah, Suwardi,S.S., M.Pd. menyampaikan bahwa uji publik menjadi wadah bagi berbagai pihak (guru, siswa, orang tua, ahli, dan lainnya) untuk menyampaikan pandangan dan masukan terkait Kurikulum Merdeka. Masukan yang diperoleh dari uji publik digunakan untuk penyempurnaan kurikulum agar lebih relevan dan efektif dalam pelaksanaannya. “Dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, diharapkan Kurikulum Merdeka dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas pembelajaran,” papar Kamad.
Plh. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Sleman, Dra. Noor Imanah,M.S.I., memaparkan bahwa dokumen ini sudah baik. “Kurikulum ini sudah sangat bagus. Di dalamnya sudah disinggung tentang moderasi beragama. Selain itu juga disinggung tentang pendidikan ramah anak. Menurut saya ini sangat penting karena pendekatan pembelajaran akan berpusat pada anak, menekankan pada pemenuhan hak-hak anak, dan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, serta mendukung perkembangan optimal anak,” papar Noor.
Lebih lanjut Komite Madrasah, Suharto mengungkapkan hal yang tak jauh beda. Suharto hanya menambahkan agar kurikulum madrasah yang sudah disusun sangat rapi ini bisa ditambahi dengan penguatan pendidikan karakter.
Sementara itu, Mujiyono menambahkan bahwa dengan kurikulum yang sebagus ini mengharapkan setiap guru bisa meng-upgrade tupoksi masing-masing sehingga madrasah ini bisa menjadi tujuan utama bukan menjadi pilihan kedua.
Orang tua dan siswa sebagai perwakilan komite pun menanggapi bahwa kurikulum ini sudah tersusun dengan bagus sehingga ke depannya bisa memenuhi kebutuhan dan harapan. Selain itu kurikulum ini diharapkan mampu mewujudkan pendidikan yang bermutu. Semoga ke depannya madrasah ini lebih baik, lebih jaya dibanding madrasah-madrasah lainnya (sil)