Senin, November 17, 2025
Berita Madrasah

MAN 5 Sleman Gelar Kolaborasi Strategis Guru dan Orang Tua untuk Wujudkan Pendidikan Berbasis Empati

Kemenag Sleman News (MAN 5 Slemna) — MAN 5 Sleman mengadakan pertemuan kolaboratif antara Guru Bimbingan Konseling (BK), wali kelas, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan wali siswa pada Senin, 21 Oktober 2025. Kegiatan yang berlangsung di ruang BK ini bertujuan memperkuat komunikasi terbuka, menjalin empati, dan menyatukan visi antara madrasah dan orang tua dalam mendampingi perkembangan akademik maupun karakter peserta didik.

Pertemuan ini merupakan bentuk sinergi strategis antara pihak madrasah dan orang tua untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis. Melalui dialog dua arah, orang tua diberikan ruang untuk menyampaikan aspirasi dan kendala yang dihadapi anak, sementara pihak madrasah memberikan penjelasan tentang program, regulasi, serta langkah pembinaan yang telah dijalankan.

Kepala MAN 5 Sleman, Mucharom, S.Ag., M.S.I., menyampaikan apresiasi positif atas kehadiran dan keterlibatan orang tua. β€œPendidikan yang berhasil adalah pendidikan yang dilakukan bersama. Kolaborasi ini menunjukkan bahwa madrasah dan orang tua memiliki satu tujuan, yaitu membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berakhlak dan berkarakter kuat,” ujarnya.

Guru BK MAN 5 Sleman, Nur Kasanah, S.Kom., menegaskan bahwa kegiatan ini dirancang untuk membangun jembatan komunikasi yang positif. β€œKami ingin orang tua merasa dekat dengan madrasah. Dengan komunikasi yang jujur, terbuka, dan penuh empati, segala permasalahan dapat diselesaikan secara bersama demi kebaikan peserta didik. Kolaborasi ini bukan hanya membahas kendala, tetapi juga merencanakan solusi terbaik,” tuturnya.

Melalui pertemuan ini, MAN 5 Sleman berharap terwujud hubungan yang harmonis antara madrasah dan keluarga, sehingga peserta didik mendapatkan dukungan penuh baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Kolaborasi ini menjadi langkah penting dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang humanis, responsif, dan berorientasi pada perkembangan menyeluruh peserta didik. (fat/gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

β™Ώ Aksesibilitas