Kamis, November 6, 2025
Berita Madrasah

Asesmen Sumatif Akhir Semester 4 di MTsN 4 Sleman: Ukur Capaian Kompetensi Siswa LBSC

Kemenag Sleman News (MTsN 4 Sleman) – Sebanyak tujuh siswa kelas VIII penerima Layanan Belajar Siswa Cerdas (LBSC) MTsN 4 Sleman mengikuti kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) 4 selama delapan hari, mulai Senin hingga Rabu (20-29/10/2025). Kegiatan ini merupakan sarana untuk mengukur capaian kompetensi sekaligus sebagai bentuk evaluasi hasil belajar siswa selama satu semester penuh.

Pelaksanaan asesmen kali ini dilakukan secara digital melalui aplikasi Jogja Madrasah Digital (JMD). Dengan menggunakan gawai masing-masing, para siswa mengerjakan soal untuk 16 mata pelajaran yang telah dipelajari selama semester genap. Proses pelaksanaan pada hari pertama berjalan tertib dan lancar dengan pengawasan langsung dari guru yang bertugas menjadi pengawas.

Kepala MTsN 4 Sleman, Harsoyo, menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan kemandirian siswa LBSC dalam mengikuti asesmen digital ini. “Kegiatan ini menjadi bukti bahwa siswa LBSC mampu beradaptasi dengan pembelajaran berbasis teknologi. Kami berharap hasil asesmen ini mencerminkan kemampuan terbaik mereka dan menjadi evaluasi bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, Astuti Kusumawati, menjelaskan bahwa asesmen sumatif bukan hanya sekadar ujian akhir, tetapi merupakan alat ukur komprehensif untuk menilai kompetensi siswa secara menyeluruh. “Melalui asesmen sumatif ini, guru dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan proses pembelajaran, sekaligus memberikan umpan balik yang konstruktif untuk perbaikan di semester berikutnya,” tutur Astuti.

Selama pelaksanaan asesmen, para siswa menunjukkan disiplin dan ketekunan yang tinggi. Mereka memanfaatkan waktu dengan baik untuk membaca dan memahami soal sebelum menjawab. Salah satu peserta asesmen, Ihda Khoirun Niswah, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini secara digital. “Awalnya sempat gugup karena semua soal dikerjakan lewat HP, tapi setelah terbiasa, jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan,” ujarnya.

Kegiatan asesmen sumatif ini juga menjadi wadah untuk melatih tanggung jawab dan kejujuran siswa dalam mengerjakan soal. Guru pengawas ruang turut mendampingi untuk memastikan seluruh proses berjalan dengan lancar. Hasil asesmen akan digunakan sebagai dasar penentuan nilai akhir semester dan evaluasi akademik siswa LBSC. (epr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

♿ Aksesibilitas