Jumat, Desember 12, 2025
Berita Madrasah

Refleksi Lesson Study: Saat Guru Belajar, Siswa Berjaya

Kemenag Sleman News (MTsN 2 Sleman) — MTsN 2 Sleman melaksanakan kegiatan refleksi Lesson Study mata pelajaran Matematika sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas pembelajaran, Senin (27/10/2025). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan lesson study dengan guru model Anik Lestari, M.Pd. dan melibatkan para guru observer, kepala madrasah, serta penguatan materi dari Pengawas Pembina MTs Kabupaten Sleman, Asih Budiati, M.Sc.

Dalam kegiatan refleksi, guru model Anik Lestari, M.Pd. memaparkan proses pembelajaran yang telah dilaksanakan di kelas 7B, termasuk strategi, media pembelajaran, hingga respon peserta didik. Ia menyampaikan bahwa lesson study menjadi kesempatan berharga untuk mengembangkan metode mengajar.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat karena melalui pengamatan dan masukan dari rekan sejawat, kita dapat menemukan hal-hal yang perlu ditingkatkan. Ini adalah proses belajar bersama demi pembelajaran yang lebih efektif,” ujarnya.

Kepala MTsN 2 Sleman, Dra. Hj. Titik Susilawati, M.Pd., menyampaikan apresiasi atas antusiasme guru dalam melaksanakan program peningkatan mutu pembelajaran tersebut.
“Lesson study adalah budaya positif yang perlu terus kita jalankan. Melalui refleksi, kita tidak hanya mengevaluasi, tetapi juga menemukan langkah-langkah inovatif untuk memajukan pembelajaran di kelas. Madrasah mendukung penuh kegiatan seperti ini sehingga guru semakin profesional dan siswa semakin bahagia dalam belajar,” tuturnya.

Pengawas Pembina MTs Kabupaten Sleman, Asih Budiati, M. Sc., memberikan penguatan terkait pentingnya kolaborasi antar guru dalam pembelajaran.
“Lesson study bukan sekadar observasi, tetapi proses membangun komunitas belajar. Kolaborasi antar guru adalah kunci keberhasilan pendidikan. Semoga kegiatan ini terus berlanjut dan menjadi budaya di MTsN 2 Sleman,” pesannya.

Para guru observer juga turut memberikan tanggapan dan catatan hasil pengamatan. Salah satu guru menyampaikan kesan bahwa kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
“Refleksi seperti ini membuka wawasan kami dalam mengajar. Kami jadi lebih peka melihat kebutuhan siswa dan menemukan cara yang lebih tepat dalam menyampaikan materi,” ujar salah satu guru.

Dengan terselenggaranya kegiatan refleksi lesson study ini, MTsN 2 Sleman berharap inovasi pembelajaran terus berkembang dan berdampak pada peningkatan kualitas proses belajar mengajar di madrasah. Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan rencana tindak lanjut agar praktik baik pembelajaran dapat terus diterapkan dan disebarluaskan di seluruh kelas. (dwk/tnf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

♿ Aksesibilitas